Powered By Blogger

Kamis, 02 Mei 2013

Proposal Eka Suci Lestari

Proposal Rencana Bisnis



NIM                    : 2010820093
Nama Lengkap    : Eka Suci Lestari
Jenis Kelamin       : Perempuan
Telp/Hp               : 085714761691
Email                   : ekasucilestari5@gmail.com





A.Dasar Pemikiran
    Saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal.Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.Apalagi usaha kuliner berupa kue,baik kue kering maupun kue basah. Salah satu jenis kue yang banyak diminati oleh konsumen secara luas adalah brownies,baik kukus maupun panggang.Banyak hal yang menjadikan kue panggang ini sebagai salah satu primadona makanan manis,misalnya sangat cocok untuk cemilan,pengganjal perut sebab brownies mengandung banyak karbonhidrat dari tepung jagung dan glukosa untuk menambah energi dalam beraktivitas.Bahkan untuk mengisi perut kosong sebelum makan siang pun juga bisa.Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa,amakanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja.Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai kue brownies.Atas dasar pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk membuat usaha produksi makanan dari jenis kue brownies.


B. Maksud dan Tujuan
Brownies adalah salah satu jenis kue yang mempunyai tekstur tidak mengembang,bantat dan tidak selembut kue bolu ataupun black forest biasanya,tetapi terdapat rasa khas yaitu rasa coklat yang cukup dominan serta aroma cokelat yang sangat kental. Brownies dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu kue yang paling sering dibicarakan. Jika awalnya kue legit dan manis itu menjadi oleh-oleh khas di Bandung,sekarang dengan mudah ditemui penjual brownies kukus dimanapun.
Beberapa alasan yang menjadikan permintaan akan kue ini cepat berkembang, karena rasa yang enak dan lezat. Sebagai kue yang datang dari luar negeri,pamornya lumayan populer. Komposisi bahannya termasuk dari bahan pilihan memang menghasilkan rasa yang enak. Kandungan telur, gula, margarin atau mentega cukup dominan menghasilkan rasa lezat legit dan tekstur yang gurih. Masa simpan yang relatif lebih lama dan hampir sama dengan bakery mempermudah distribusi tanpa rasa khawatir bau, sering jadi pertimbangan saat memilih brownies.
Bandingkan jika memilih kue basah selalu ada perasaan khawatir basi karena umur simpannya tidak lama. Brownies lebih tahan simpan karena kandungan airnya yang sedikit dan kandungan gulanya cukup banyak. Gula bisa dianggap sebagai salah satu pengawet alami. Usaha brownies berkembang cepat karena pembuatan kue ini relatif mudah dan bisa dilakukan dari rumah. Tidak perlu keahlian seorang chef dan tidak perlu modal besar untuk merintis usaha brownies. Dengan modal pengukus dan sedikit modal operasional usaha ini bisa segera dimulai.
Brownies dengan bahan pilihan akan membuat harga jual menjadi tinggi. Jika memang akan membidik pasar menengah atas,brownies istimewa itu bisa dibuat,Akan tetapi, untuk pasar menengah harus ada siasat agar brownies tetap lezat dengan harga terjangkau. Itu berarti ada komponen yang di ganti tanpa ada perubahan rasa dan warna. Komponen yang dapat di ganti untuk membuat brownies ekonomis adalah telur. Telur yang harga belinya mahal diganti dengan pengganti telur (bre) yang aman dikonsumsi.
Dengan mengganti bahan telur, bisnis brownies dijamin relatif stabil baik dari sisi harga maupun cara pembuatan. Dengan bahan ini tak perlu lagi mengocok telur yang melelahkan. Bahan cukup dicampurkan dalam tepung. Penggunaan bahan untuk menambah performa dan penampilan produk yang dihasilkan sering digunakan di beberapa perusahaan besar, jadi sudah saatnya juga bagi penguasaha kecil untuk melakukan hal yang sama agar produk brownies bisa bersaing di pasaran.


C.Aspek Produksi / Usaha
  1. Jenis dan Jumlah Peralatan yang dipakai               
  • Panci besar : 3
  • Stand mixer kue :  1
  • Loyang : 10
  • Timbangan : 1
  • Wadah adonan besar : 5
  1. Kapasitas Produksi
     Dengan menggunakan mesin yang telah dijabarkan di atas,produksi brownies anti galau,dapat menghasilkan 10 loyang brownies perhari dengan volume produksi per loyang adalah 10 buah brownies ukuran sedang.Sehingga dengan jumlah mesin produksi yang ada dipastikan dapat memproduksi kue brownies dengan hasil yang maksimal untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar serta melayani order-order brownies lainnya,hal ini juga didukung oleh jumlah karyawan yang sesuai.

Bahan baku produksi
No.      Bahan baku          
1.                  Telur : 4
2.                  Sp & Baking soda :1 sdt
3.                  Gula : 3 ons
4.                  Vanili : 2 buah
5.                  Mentega : 250 gr
6.                  Coklat blok : 1 ons
7.                  Bekatul : 2 ons
8.                  Susu Coklat :1 sch
9.                  Coklat bubuk : ½ ons
10.              Butter cream : 1 ons
11.              Topping(misis/keju) : secukupnya

Jumlah produksi rata-rata perbulan yaitu :
         Dari kapasitas produksi perhari yang telah diketahui sebelumnya,maka volume produksi dari brownies  bekatul selama sebulan adalah sebagai berikut :
·        3 loyang x 20 hari = 60 loyang / bulan
·        3 buah x 60 loyang = 180 buah/ bulan

Jumlah produksi rata-rata diatas merupakan gambaran secara umum atau keseluruhan.Jumlah tersebut masih dapat berubah disesuaikan dengan pasang surutnya penjualan serta order yang ada.

Sumber Bahan Baku
    Dalam pembuatan kue brownies bekatul ini tentu membutuhkan berbagai macam bahan baku yang diperoleh dari toko kue yang ada disekitar.Ataupun bisa juga dengan mendatangi pasar-pasar murah yang ada di Ciputat yang menyediakan berbagai kebutuhan akan bahan baku pembuatan kue brownies pada umumnya.Bahkan dengan mendatangi pasar-pasar tradisional yang memungkinkan untuk dilakukannya kerjasama bisnis, yaitu pemesanan bahan baku dengan jumlah yang sesuai untuk mendapatkan diskon/potongan harga dari penjual yang bersangkutan.Berbagai macam hal ini juga dapat dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan baku secara kontens(tetap).
Akan tetapi dari aspek produksi masih terdapat kendala yang ditemui,diantaranya :
  1. Bahan baku yang dibeli berjumlah sedikit dan tidak konsisten,sehingga biaya produksi kurang diminimalisir dan mengakibatkan kepada harga jual produk.
  2. Kapasitas produksi yang terbatas dam masa kadaluarsa produk.
Inovasi produk
    Dalam perkembangan kedepan tentu banyak kendala yang dihadapi,diantaranya yang sudah tapak didepan mata ialah tidak semua produk terjual setiap harinya,sehingga perlu dilakukan verifikasi (perluasan produk),diantaranya :
  1. Untuk mengantisipasi kadaluarsa produk,maka brownies dapat diinovasikan dan dijadikan/dijual dalam bentuk dingin dan disebut dengan ice crean brownies.

D. Aspek Pasar dan Pemasaran
           
Analisis Pasar
    Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan,adapun beberapa contoh dari pasar yang telah dapat dijangkau peluang pasaranya ialah seperti sekolah-sekolah,koperasi usaha di wilayah tertentu,bahkan bisa memasuki pasar besar seperti pasar ciputat,yakni dengan membuka took stand atau took khusus yang menyediakan produk untuk pembuatan brownies anti galau dengan menyediakan layanan pesan antar,atau meskipun tidak mendirikan stand sendiri,minimal bisa memasukan produk kita kedalam stand kue lain yang strategis,demi kelancaran pemasaran produk ini.Sehingga analisis pasar maupun target pasar dapat dicapai dengan hasil maksimal.

Segmentasi Pasar
Dalam memasarkan produk brownies ini,perlu dilakukan segmentasi terhadap calam konsumen yang ada sehingga pasar yang dituju jelas dan terarah.
No.            Segmentasi Pasar         Sasaran
1.         Lokasi target pemasaran : 1.Sekolah-sekolah, 2. Toko oleh-oleh Ciputat, 3. Koperasi kantor pemerintahan, 4. Stand kue dan tempat tongkrongan
2.         Target konsumen : 1. Siswa sekolah dan mahasiswa , 2. Masyarakat umum bawah dan menengah, 3. Konsumen dengan kepentingan / hajat, 4. Konsumen usia anak-anak.remaja dan dewasa

Strategi Harga Produk
    Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkan dengan strategi harga yang kita laksanakan.Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena system produksi yang salah dan tidak efektif,maka perlu mencari supplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang bener-bener murah,Selain itu bisa dengan memberikan harga promosi awal yang lebih murah untuk dapat menarik konsumen untuk membeli produk kita,atau bisa juga dengan memberikan potongan harga bagi konsumen yang mengorder brownies dengan jumlah besar,sehingga bisa menciptakan image harga yang murah dan dapat dijangkau oleh konsumen berbagai kalangan.

Startegi Promosi
    Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan demi menunjang kebersihan produk brownies anti galau dalam memasuki pasar serta lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas maka strategi yang kami lakukan antara lain :
  • Memasukan promosi dari mulut ke mulut,diawali dengan promosi diwilayah tempat usaha kita
  • Memasang iklan dikoran kota,tidak perlu terlalu luas jangkaunnya,cukup dengan menggiring konsumen ciputat untuk tertarik dan membeli produk kita,Memsang iklan di media elektronik seperti:facebook,twiter,dll.
  • Dan yang paling terpenting yaitu memberikan suatu kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli.
  • Menjual nilai keunikan produk dengan menonjolkan kekhasan yang ada pada brownies ini, baik dari segi rasa,bentuk,kemasan dan harga yang sesuai dengansegmentasi konsumen.
  • Memanjakan konsumen dengan berbagai cara,salah satunya dengan memberikan layanan jenis kue yang bisa di pesan dengan sesuai dengan keinginan konsumen.

E Aspek Keuangan


Kebutuhan Dana
Rincian dana yang perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis makanan brownies anti galau ini ialah sebagai berikut :
  • Inventaris
No       Peralatan : Quantitas : Harga : Jumlah
1.         Panci Besar : 2 , 50.000 , 100.000
2.         Stand mixer : 1 , 185.000 , 185.000
3.         Loyang : 10 , 7.000 , 70.000
4.         Timbangan : 1 , 45.000 , 45.000
5.         Wadah adonan : 5 , 6.000 , 30.000 +
             Total           430.000

  • Bahan baku untuk satu kali resep (1 loyang/ 35 potong)

No.      Bahan baku: Quantitas : Harga :Jumlah
1.         Telur : 4 , 1.500 , 6.000
2.         Sp & baking soda:1 sdt , - ,  1.000
3.         Gula : 3 ons , 1.500 , 4.500
4.         Vanili ; 2 buah, 5.00 ,1.000
5.         Mentega : 250 gr,  - , 3.000
6.         Coklat blok : 1 ons,  - ,  8.000
7.         Bekatul : 2 ons , - , 1.000
8.         Susu coklat :1 sch, 1.000 ,1.000
9.         Coklat bubuk : ½ ons,  - ,  2.000
10.       Butter cream :1 ons,  - , 3.000
11.       Topping: secukupnya,  - , 2.000 +
             Total       Rp 31.500            

Biaya Pemasaran dan Promosi
  • Biaya iklan: pembuatan brosur Rp 70.000
  • Biaya ongkos angkut           Rp 80.000+
  • Total                         Rp 150.000

Biaya Operasional
      Adapun biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka operasional perusahaan ialah sebagai berikut :
  • Biaya bahan baku untuk 20 loyang brownies   Rp 630.000
  • Biaya iklan dan pemasaran                      Rp 150.000 +
  • Total                                          Rp 780.000

Estimasi Pendapatan
    Berdasarkan pada biaya operasional ang telah tercantum diatas,maka dapat ditentukan harga dasar yang memungkinkan untuk satu potong kue brownies anti galau ialah sebesar :
Rp 630.000 : 35 Potong : Rp 18.000 / potong
Maka dari harga dasar tersebut dapat ditentukan harga jual yang sesuai,yakni : Rp 24.000
Sehingga pendapatan yang diperoleh ialah :
Pendapatan perhari              Rp 24.000 x 35 potong            Rp 840.000
Pendapatan perminggu         Rp 840.000 x 7 hari                 Rp 5.880.000

F. Penutup

    Demikian proposal usaha ini saya buat dengan mempertimbangkan seluruh aspek usaha maupun peluang usaha yang mungkin dapat kami masuki dalam dunia kedepannya.Dengan adanya proposal usaha brownies anti galau ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen khsusnya masyarakat ciputat.
     Adapun usaha yang akan dilakukan harus memepertimbangkan segala macam pandangan ataupun peluang yang ada,karena itulah kunci akan berhasilnya suatu usaha yang akan dijalankan,dan merupakan tatangan bagi wirausaha muda yang selalu dituntut untuk dapat beradaptasi dengan persaingan bisnis yang amat ketat.Sehingga dari hal tersebut dapat diketahui bahwa peluang bisnis akan tercipta bila kita mampu menciptakannya,karena saat ini tentu sangat sulit bagi calon pengusaha muda untuk dapat memasuki dunia bisnis tanpa benar-benar jeli dan paham mengenai bisnis apa yang akan digeluti.
     Maka dengan adanya proposal ini dapat memberikan sedikit pandangan bahwa peluang bisnis brownies ini sangat menjanjikan,namun semua itu juga harus disertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan managemen yang baik,dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan berkembang sesuai harapan.